Saturday 16 February 2013

Teka-Teki 9 (Lateral)

Berfikirlah yang tidak biasa

  1. Jika sebelum musim hujan, Fia dan Ram mengangkat drum dan meletakkannya di loteng lalu mengisinya dengan air. Jika sebelum musim kemarau, apa yang mereka angkat dan diletakkan di mana?
  2. Seorang pemandu wisata kelelahan mendaki bukit dan dapat menyentuh bendera di puncaknya, namun seorang wisatawan dapat menyentuh bendera tersebut lebih cepat dari pemandu tadi tanpa kelelahan tanpa kendaraan yang bisa membuatnya sampai ke puncak, dan juga tidak ada yang membawakan bendera itu. Bagaimana cara dia?
  3. Bill, siswa yang pintar dalam semua mata pelajaran. Suatu hari Bill mengikuti ujian dan hasilnya buruk, padahal sebelumnya ia belajar, ia sehat, dan tidak ada yang salah dalam penilaian dan ujian. Bagaimana bisa?
  4. Sesuatu bergerak 7100 km/jam di dekat mata Kisev dan gara-gara itu ia jadi kesulitan melihat, padahal matanya tidak terluka, perih, atau silau. Apa yang bergerak tadi?
  5. Hans berumur 9 tahun dan saudaranya. Mereka sangat mirip. Jutta menggantungkan kertas di leher mereka, bertuliskan nama mereka masing-masing agar tidak tertukar, lalu ia pergi sebentar. Lima menit kemudian Jutta kembali, tulisan tadi hilang. Kemana?
  6. Sebuah alarm berbunyi nyaring tidak mau berhenti. Semua orang merasa terganggu, dan semua orang mencoba menghentikan bunyi alarm tsb, tapi tidak berhasil. Akhirnya mereka melakukan sesuatu dan akhirnya suaranya tidak terdengar lagi. Alarm tidak rusak, listriknya pun tidak padam. Apa yang mereka lakukan?
  7. Hari sedang hujan. Oskaa berada di luar ruangan terbuka berlari kecil menuju rumahnya, dia tidak menggunakan payung, jas hujan atau benda lain yang melindunginya dari air hujan. Tapi anehnya dia tidak basah. Bagaimana mungkin?
  8. Rumah Fia kebanjiran, tapi dia terlihat tenang. Mobil dan isi rumahnya pun menjadi rusak, tapi sebelum banjir menggenang, Fia tidak berusaha menyelamatkannya. Fia tidak beli asuransi. Bagaimana Fia bisa begitu tenang?

  1. Mereka mengangkat payung dan meletakkannya di atas kepala
  2. Wisatawan itu memotret puncak bukit dan menyentuh gambar bendera yang ada di dalam foto
  3. Ada dua siswa bernama Bill, Bill yang pintar dan Bill yang bodoh
  4. Retakan kacamata Kisev
  5. Hans dan saudaranya adalah kambing, mereka memakan kertas bertuliskan nama mereka masing-masing
  6. Semua orang pergi meninggalkan ruangan hingga bunyi alarm tidak terdengar lagi
  7. Oskaa berada di tempat lain yang tidak sedang turun hujan
  8. Fia sedang menyaksikan video rumahnya yang kebanjiran 4 tahun yang lalu yang direkam tetangganya, saat banjir, Fia tidak sedang ada di rumah


16 comments:

  1. wah ane nyimak sajah gan,,hehehe
    makasih sudah berbagi visit me back

    ReplyDelete
  2. Wah udah ada jawaban nya juga! :D Mayan seru nih teka-teki nya..

    ReplyDelete
  3. Infonya mantep gan, udh ada penjelasannya jg :)

    ReplyDelete
  4. memangnya yang berbobot seperti apa?

    ReplyDelete
  5. no. 2 itu pemandu wisatanya lewat jalan menuju puncak yang curam. karna kemiringannya sangat tinggi, untuk mencapai puncak sangatlah susah. sedangkan wisatawannya itu lewat jalan menuju puncak yang landai karna kemiringannya tdk tinggi. betul tidak? ._.

    ReplyDelete
  6. Anonymous22 May, 2013

    Krn no. 5 menyebutkan 'gantung', bkn 'tempel' maka ada kemungkinan tulisanny, kertasny kebalik.

    ReplyDelete
  7. 1. analisa : Sebelum musim hujan (berarti musim kemarau) meletakkan drum di loteng dan mengisi dg air.. Berarti drum untuk menampung air (intinya selalu menyiapkan drum untuk tandon air krn saat itu kemarau). Berarti sebelum musim kemarau tiba, harus meakukan hal yang sama yaitu mengangkat drum ke loteng dan mengisinya dg air.

    2. Wisatawan itu sudah nyampai ke puncak (berkemah) pada malamnya / sehari sebelum ada pemandu wisata tsb datang ke lokasi itu.

    3. Karena itu Ujian SIM bukan ujian sekolah, dan Bill baru pertama kali itu bikin SIM jadi hasilnya buruk.

    4. Kacamata dia yang melorot / jatuh

    5. Pergi bersama bocah tersebut. Maklum namanya anak2.. ditinggal bentar langsung keluyuran.

    6. Menutup kedua telinga mereka.

    7. Karena luar ruangan tersebut adalah teras atau taman yang ada atap / kanopinya :)

    8. Sebab Fia adalah anak umur 2 tahun. Namanya anak2.. belum bisa mikir hal tersebut. Jadi yang kerepotan atau bingung soal banjir adalah orang tuanya. Bisa jadi malah orang tuanya kebetulan lagi pergi :D

    Semoga ada yang bener gan... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocokin aja sama yg di atas
      udah ada jawabannya

      Delete
  8. Nomor 1 Kembali ke loteng mungkin no 2 mungkin satu lari sampai ke gunung no 3 mungkin gurunya salah koreksi no 4 itu sih.....pasti suara mobil....aku nggak tahu
    No 5 dibawa Hans
    No 6 matikan alarm
    No 7 ia pake mobil
    No 8 karena rumahya tinggi

    ReplyDelete