Saturday, 23 February 2013

Kasus Detektif: Pembunuhan Atlit Panahan

Kasus pembunuhan di tempat latihan panahan terjadi sekitar pukul 10.30. Fro, seorang atlit wanita tewas dengan luka tusukan anak panah di perutnya.
Fro suka puisi dan saat itu Fro sedang menulis puisi di ruang istirahat. Beberapa orang yang sempat bertemu dengannya di sana:
  • Mutiar Maan, teman Fro, datang pukul 09:50, Mutiar tertarik dengan puisi berjudul "Waktu Tersenyum" yang ada di buku puisi Fro. Dia ingin pinjam, tapi Fro tidak meminjamkannya.
  • Luna Wulan, atlit panahan, datang pukul 09:57, sering iri karena Fro selalu menjadi juara. Luna kalah jauh darinya. Sasaran anak panahnya sering meleset dan Fro suka mengejeknya.
  • Payy, penjaga tempat latihan, datang pukul 10:10. Pernah menyatakan cinta kepada Fro, tapi ditolak.
  • Xerra Lantia, pelatih panahan, datang pukul 10:16, (suka disapa Bu Lan) galak pada setiap atlit yang tidak disiplin. Dia menegur Fro karena tadi terlambat datang.
  • Ostinus Dardo, mantan kekasih Fro dan juga seorang atlit, datang pukul 10:20. Mereka cekcok di ruang istirahat. Ini pertengkaran yang kelima dan akhirnya mereka putus.
Salah satu dari mereka kembali lagi menemui Fro yang sedang sendiri. Dia dicurigai sebagai pelaku pembunuhan. Sebelum tewas, Fro sempat menulis pesan di secarik kertas "hal v oleh bulan terlewati panah". Pada halaman v di buku terdapat puisi berjudul waktu tersenyum.

Siapa pelakunya? Sertai alasannya?

50 comments:

  1. Pelakunya Luna Wulan dan Xerra Lantia.
    Alasannya lihat pada kata "bulan terlewati panah"
    Xerra sering disebut Bulan dan terlewati panah artinya panah yang meleset.
    Saya juga hanya memperkirakan.
    Tapi semuanya hanya Allah yang tahu !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada hubungannya dg klu terakhir "waktu tersenyum"

      Delete
  2. saia nyimak j sobat takut salah tuduh hehehehe,,,,makasih kunjungannya

    ReplyDelete
  3. Ostinus Dardo

    "hal v oleh bulan terlewati panah"
    dari mutiar maan sampai Xerra Lantia, adalah orang yang dilewati panah. jadi panah kena ke Ostinus Dardo....
    mungkin..
    bang, bikin kasus lagi... asik nih game kayak gini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ane ga ngerti sama analisisnya...
      semua cluenya dipake karena saling berhubungan

      Delete
  4. Boleh juga sekedar untuk informasi sobat
    terima kasih sudah berbagi info

    ReplyDelete
  5. mohon tenang :
    "Halaman v oleh bulan terlewati panah"
    ==>
    Pelakunya menggunakan busur panah karena dari keterangan adalah atlit panah. kemudian...

    waktu tersenyum bukanlah kode untuk Mutiar, sempat terkecoh dgn "hal v oleh bulan terlewati panah" bulan = (Maan(dutch)) / (luna(romania)) saya berpikir pelakunya adalah Mutiar dan Luna tapi itu adlah sebuah simbol Jam.

    Waktu tersenyum adalah dimana jam akan menunjukan bentuk jarum panahnya membentuk Smile. fro melakukannya karena sempat melihat jam.....dan satu2nya jam yang bisa membentuk Smile Time adalah 10.10 (v)

    Fro mengatakan bahwa Payy pelakunya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. lalu hubungannya "bulan terlewati panah" dengan Payy apa?

      Delete
  6. Wah... kepala jadi puyeng mikirin kasus diatas.. tak tahu siapa yg bersalah dintara 5 orang diatas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee..ada clue-nya, tinggal dihubungkan aja

      Delete
  7. Payy pelakunya.. Coba aj gambar 10:10 dy menggambarkan lambang senyum, tarik garis kebawah dr angka 10 ke angka 2. (pk 10:10).. Bulan terlewati panah artinya sesuatu yg gamungkin bisa trjadi / ga bisa sampai / kasih tak sampai ..heheh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini Jawaban Pasti Salah ... Menurut Analisa Saya Payy Datang Pada waktu 10.10 Sedangkan Ada 2 Orang Yang Menemui Fro. Yaitu Xerra Lantio Pada Waktu 10.16 Dan Ostinus Dardo Pada Waktu 10.20.... Jadi Menurut Saya Ostinus Dardo Yang Membunuh Fro Karana Jika Fro Dibunuh Oleh Payy Maka Xerra Lantio Pasti Tidak Akan Memarahi Fro Karna Terlambat....Dan Jika Xerra Lantio Yang Membunuh Fro Mungkin Ostinus Dardo Tidak akan Bertengkar Dengan Fro Jadi Menurut Saya Siapa Ya......

      Delete
  8. kurang dkit bagian mananya nihh hehhe...

    ReplyDelete
  9. kurang dkit bagian mananya nihh hehhe...

    ReplyDelete
  10. Payy pelakunya, karena cuma dia yang tidak di tuliskan di dalam buku Fro.
    Hal V oleh Bulan Terlewati Panah, Waktu tersenyum.
    Hal V adalah Orang ke-5 yaitu, Ostinus Dardo.
    oleh Bulan adalah Orang yang suka disapa Bulan yaitu, Xerra.
    Terlewati Panah adalah Orang yang panahya sering meleset yaitu, Luna Wulan.
    Waktu tersenyum adalah orang yang tidak dipinjamkan buku (Waktu Tersenyum) oleh Fro yaitu, Mutiar Maan.
    Kalau masih salah mohon maaf.

    ReplyDelete
  11. ohhh mungkiinn si pay esmosi jiwa lyat si fro diomelin sm bu lan.. nah si pay gaterima mau nusuk si bu lan. tapi dihadang / dlindungi sm si fro kalii yee.. hehhehe...

    ReplyDelete
  12. CASE CLOSED, RESOLVED
    Payy adalah pelakunya
    waktu tersenyum = jam kedatangan pelaku 10.10 membentuk wajah yg tersenyum
    bulan terlewati panah = bulan itu bulat, dilewati panah akan membentuk simbol lingkaran dan anak panah, simbol gender laki-laki

    thanks to all
    yg bener jawab:
    Wammy San
    Paulina Hareva
    Athif humam

    ^^

    ReplyDelete
  13. Maaf sebelumnya, tp menurut saya casenya kurang logis, karena panjangnya dm, dm ditulis di kertas, pake sandi pula=korban punya waktu yg cukup byk. Sedangkan orang sekarat tidak punya waktu yg cukup untuk memikirkan dm apa yg akan ditulis, meng-codei, mencari pena dan kertas, merobek kertas hingga secarik, dan kemudian baru tewas. Sekian

    ReplyDelete
    Replies
    1. - Fro lagi nulis puisi jadi pegang pena dan kertas, jadi tidak perlu mencari pena dan kertas apalagi merobek kertas
      - Waktu memang tidak banyak, Fro suka dengan puisi "Waktu Tersenyum" makanya dia hafal halaman puisi tsb
      - Kalo Fro tulis nama pelakunya, nanti bisa-bisa pelakunya tau dan menghilangkan jejak, jadi harus pake dikode

      Oke Hani, Trims
      Salam Manis :)

      Delete
  14. Maaf sebelumnya...
    Secara logika kayak e g mungkin...
    Clue nya Itu cuma Permainan kata...
    Kalo di lihat dari Waktu kejadian...
    Ostinus Dardo lah pelaku nya...
    Terjadinya pembunuhan skitar 10.30...
    dilihat dari urutan waktu saksi saat menemui korban...
    Mutiar Maan : 09.50
    Luna Wulan : 09.57
    Payy : 10.10
    Xerra Lantia : 10.16
    Ostinus Dardo : 10.20
    Pelaku nya adalah yg terakhir bertemu dengan korban...
    Misal pelaku nya Payy, pastinya Xerra Lantia dan Ostinus Dardo menemukan mayat korban...
    dan kejadian pembunuhan nya sebelum Xerra Lantia bertemu dengan korban...
    Sedangkan waktu pembunuhan nya menyangkut waktu semua saksi...
    Sekali lagi Tuduhan saya ke Ostinus Dardo, dan untuk soal clue yang tercantum...
    Ostinus Dardo lah yang membuatnya, agar terlepas dari tuduhan tersangka...
    Makasih ^_^ add me gan Nyom Dodol Telo ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. pelaku balik lagi setelah orang terakhir yang bertemu Fro pergi

      Delete
    2. Aduh I'm Bingung Nih Kalau Payy Balik lagi Kenapa Tidak Dimasukin Ke dalam Daftar Pelaku

      Delete
    3. Payy ada di urutan ke-3 dalam daftar org yg dicurigai

      Delete
  15. gua kira bulan terlewati panah itu maksunya bukan gender laki" tapi kata kunci supaya kita fokus terhadap panah dalam jam, urutan angka jam kan jumlahnya sama kyk bulan 12. jadi pelakunya memang payy yang datang 10.10 karena waktu tersenyum ketika panah dalam jam mengarah 10.10

    ReplyDelete
  16. great case , tapi rentang waktunya ketemu nya terlalu deket jadi agak tidak masuk akal

    ReplyDelete
  17. pelakunya luna. hal v (victory: kemenangan atas luna) bulan terlewati panah. bisa diartikan papan target berbntuk lingkaran adalah bulan bisa juga namanya luna wulan. lunaR dalam bahasa inggris artinya bulan. ato wulan sendiri artinya bulan. intinya adalah bulan terlwati panah adalah. papan target yang sering meleset dari tembakan panah. yaitu luna. tanda v adalah kemenangan korban atas pelaku

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang ini sudah terpecahkan

      Delete
    2. Anonymous31 May, 2013

      Ostinus dardo.
      Dia datang pada pukul 10.20, lalu cekcok, dan mereka putus. Waktu cekcok tidak akan sebentar, kurang lebih 5 menit. Karena penuh emosi dia mengambil anak panah dan menusuknya, apalagi dia atlit

      Delete
  18. seru bnyak temen yg pnya case sperti blog aku hahah

    ikutan donk :p

    http://imdetective.blogspot.com/

    ReplyDelete
  19. Klo dilihat dari wkt emg gk cukup buat membunhnya...
    Tapi, meski udh bnyak jwban sya tetep curiga sama pey..

    Pertama cuma dia yg pnya wkt luang, krn dia hnya seorang penjaga. Bisa sja dia kembali lg stelah ostinus dardo.. Dan yang di jadikan simbolnya adalah HAL V BULAN TERLEWATI PANAH & WAKTU TERSENYUM.. Itu menjadikan alasannya..
    HAl V = org kelima berarti ostinus dardo.
    BULAN = BU_LAN yg berarti xerra lantia.
    TERLEWATI PANAH= luna wulan, ya karna dia kan selalu meleset dari sasaran.
    WAKTU TERSENYUM = adalah saat manis bersama ostinus dardo...

    Nah, jadi yang tidak termasuk dari deretan di atas adalah pey..
    Kenapa?? Karna pey tidak termasuk dalam deretan kalimat tersebut..

    Menurut analisis saya kaya gituu...
    Yah meskipun jauh dari teka teki nya....hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku jg udah lupa ma kasus ini
      tapi makasih ya :D

      Delete
    2. Ya.. Sama sama ka... ^^

      Delete
  20. perkataan luna=bulan=moon,manakala wulan=bulan dalam kalendar,besar kemungkinan ia boleh merancang pembunuhan setelah brjumpa dngan fro,10:57 brmksud 1 papan(simbol1) digantungkn untuk membentuk sasaran(simbol0),pemisahnye untuk mngira markah yg tertentuk dlm permainan busur panah(simbol:)(: dalam matematik namanye ratio,jd ia sah mrkah setiap jarak untuk permainan busur panah),kemudian 5 iaitu S=smile dan 7 iaitu busur panah,

    "hal v oleh bulan terlewati panah" = "kasus 10:57(v=smile=senyum) dilakukan oleh luna wulan yang sering kalah dalam permainan busur panah

    ReplyDelete
    Replies
    1. "waktu tersenyum" maksudnye waktu yang sesuai untuk pembunuhan iaitu 10:57 kerana terdpt perkataan s dlm waktu tersebut iaitu senyum=smile= v

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. "bulan terlewati panah" bermksud luna wulan sering kalah dlm permainan busur panah dan luna wulan mendahuluinya

      PEMBUNUHNYA IALAH LUNA WULAN

      Delete
    4. v=victory=victry over luna yg sering kalah dlm permainan busur panah=v=smile jagak kerana sudah victory(kemenangan)

      Delete
  21. Case mu boleh juga, mungkin kamu mau berkontribusi dan membagikan cerita kasus mu di NetDetectiveIndonesia.org? Disitulah kami, para net detective, berkumpul. We are welcoming your present. :)

    ReplyDelete
  22. Mungkin pelakunya Luna Wulan, karena si korban menulis " hal v oleh bulan terlewati panah " dan arti dari v adalah " waktu tersenyum ", jadi artinya bulan itu adalah sasaran anak panah yg tidak di lewati anak panah( meleset ) dan waktu tersenyum artinya si korban tersenyum sambil mengejek si pelaku.

    ReplyDelete
  23. pelakunya adalah payy.Arti "waktu yang tersenyum oleh bulan" adalah pukul 10:10 yang membentuk senyum,kemudian coba buat lingkaran bulan kemudian masukkan jarum jam yang membentuk senyum pada lingkaran sebagai batas atas dan bawah kemudian potong bagian atasnya.maka akan membentuk hati atau love.

    Lalu maksud “terlewati panah”menurut saya pernyataan cinta yang tidak diterima,karena jika hati yang terkena panah mungkin jatuh cinta tetapi jika panahnya melewati hati mungkin cinta yang tidak diterima.
    JIKA MASIH BANYAK SALAHNYA MOHON MAAFA DAN MOHON DIMAKLUMI,DAN MOHON BERIKAN JAWABAN INI SALAH ATAU BENAR.

    ReplyDelete
  24. Menurutku orang yang suka puisi tersenyum itulah pelakunya
    Karena Fro mengenal baik pembunuhnya yang membunuhnya

    ReplyDelete
  25. Menurutku orang yang suka puisi tersenyum itulah pelakunya
    Karena Fro mengenal baik pembunuhnya yang membunuhnya

    ReplyDelete
  26. Menurut saya pelakunya Luna Wulan. Bulan terlewati panah, maksudnya panah yang meleset. Karena panah Luna sering meleset, maka ialah pelakunya

    ReplyDelete
  27. Menurut ane pelakunya adalah payy. Karena
    1: menurut saya, hal v oleh bulan terlewati panah maksudnya adalah jam
    2:waktu tersenyum: menurut saya ini maksudnya adalah pada pukul berapa jam tersenyum. 10:10 adalah pukul jam tersenyum. Karena jarum panjang dan pendek menunjukkan smile tersenyum. Liat aja toko jam. Biasanya mereka menyetel waktu jam mereka 10:10
    Sorry kalo salah. Just my opinion

    ReplyDelete